20 tanda penyakit kanker menyerang tubuh

20 tanda penyakit kanker menyerang tubuh - Banyak pasien terlambat menyadari perkembangan kanker di tubuhnya. Enggan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin, mereka seringkali baru menyadarinya setelah memasuki stadium lanjut dengan gejala akut.

Banyak yang mengabaikan gejala awal kanker karena tanda-tanda yang muncul terkesan tak genting. Berpikir bahwa itu hanya gangguan kesehatan biasa. Karenanya, penting mengenali tanda-tandanya demi mempercepat diagnosis dini, seperti dikutip laman health.yahoo.net.

1. Napas berbunyi atau napas pendek
 Salah satu tanda awal pasien kanker paru-paru adalah menimbulkan bunyi saat bernapas. Kerap terjadi saat melakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki. Banyak yang salah kira menderita asma. Gangguan pernapasan ini juga bisa menandakan kanker tiroid. Terjadi ketika nodule atau tumor mulai menekan trachea atau batang tenggorokan. Karena jangan sepelekan gangguan pernapasan ringan. Segera konsultasikan ke dokter.

2. Batuk kronis atau nyeri di bagian dada 
Beberapa jenis kanker termasuk leukemia dan tumor paru-paru dapat menyebabkan tanda-tanda seperti batuk yang berat atau bronkitis. Jika masalah tersebut terjadi terus menerus atau timbul tenggelam, sebaiknya waspada. Segera periksa ke dokter. Beberapa pasien kanker paru-paru mengatakan nyeri yang muncul di bagian dada biasanya meluas ke bagian bahu atau lengan.

3. Gangguan menelan atau suara serak 
Masalah yang paling umum dihubungkan dengan esophageal atau kanker tenggorokan adalah kesulitan menelan. Ini terkadang juga menjadi salah satu tanda awal kanker paru-paru. Sedangkan suara serak atau rasa tenggorokan tersumbat dapat menjadi tanda awal kanker tiroid atau thyroid nodule.

4. Rutin menderita demam atau infeksi 
Ini dapat menjadi tanda-tanda leukemia atau kanker sel darah. Kondisi ini menyebabkan sumsum produksi sel darah putih menjadi tidak normal. Memicu lonjakan sel darah putih sehingga menurunkan kemampuan tubuh melawan infeksi. Dokter biasanya sudah mampu mendiagnosis leukemia setelah pasien sering mengalami demam, gatal, dan tanda-tanda flu dalam waktu yang lama.

5. Benjolan di leher, ketiak atau selangkangan 
Benjolan yang membesar mengindikasikan perubahan pada sistem lymphatic, yang dapat menjadi tanda kanker. Benjolan yang membesar di daerah ketiak terkadang merupakan tanda kanker payudara. Benjolan di leher, ketiak atau selangkangan juga dapat menjadi tanda awal leukemia.

6. Daerah perut membesar atau mengembung 
Fenomena ini mungkin terdengar biasa, namun Anda perlu mempertimbangkannya. Para wanita didiagnosis dengan kanker ovarian ketika mereka mengalami daerah perut yang membesar atau mengembung secara tiba-tiba. Kadang disertai rasa nyeri.

7. Merasa kenyang dan tidak mampu makan 
Ini adalah tanda lain dari kanker ovarian. Ditandai dengan hilangnya nafsu makan karena lambung terasa penuh. Padahal belum makan sama sekali. Kondisi ini seringkali disertai pembesaran area perut dan rasa nyeri di area panggul. Jika mengalami kondisi ini, sebaiknya segera hubungi dokter dan lakukan pelvic ultrasound.

8. Nyeri daerah panggul atau perut 
Nyeri dia area ini umumnya berkaitan dengan masalah-masalah reproduksi. Nyeri daerah panggul dan perut yang terjadi bersamaan dengan pembesaran area perut seringkali merupakan tanda kanker ovarian. Leukemia juga dapat menyebabkan nyeri di area perut akibat pembesaran limpa.

9. Pendarahaan di antara periode menstruasi 
Banyak wanita yang mengalami masalah ini dilaporkan menderita kanker endometrial. Namun, dokter seringkali tidak responsif dan salah mendiagnosis keluhan. Dokter sering mengira ini sesuatu yang normal, terutama menjelang masa menopause. Sebaiknya segera melakukan pemeriksaan transvaginal ultrasound jika mengalami masalah ini untuk memastikan diagnosis.

10. Pendarahan saat buang air besar 
Pendarahan di area rektal atau dubur yang seringkali terjadi saat buang air besar merupakan salah satu tanda kanker colorectal. Segera periksakan ke dokter untuk melakukan pemeriksaan colonoscopy.

11. Sakit atau nyeri perut
Rasa sakit atau nyeri yang tak tertahankan seringkali berkaitan dengan indikasi awal tumor hati. ketika Pemeriksaan dengan ultrasound bisa menegaskan diagnosis itu. Sementara perut kram atau sering sakit perut tak tertahankan juga menyimpan kemungkinan kanker kolorektal.

12. Payudara memerah, bengkak, atau nyeri
Semua wanita menyadari pentingnya memeriksa benjolan di payudara. Namun, seringkali tanda-tanda kanker payudara yang jelas justru terabaikan. Waspada jika Anda memiliki lesung atau selulit di area payudara karena ini seringkali menjadi indikasi kuat kanker payudara. Jangan remehkan pula jika payudara terasa nyeri, bengkak atau kemerahan. Segera periksakan ke dokter.

13. Perubahan puting payudara
Salah satu perubahan paling umum yang mengarah ke diagnosis kanker payudara adalah perubahan kondisi puting payudara. Terlihat rata, masuk ke dalam atau terbalik. Tanda-tanda lainnya: puting terasa gatal, bersisik, dan kulit menjadi kasar.

14. Luka atau pendarahan yang tak kunjung henti
Ini biasanya menandakan sesuatu yang tidak normal pada platelet dan sel darah merah. Mengarah pada gejala leukemia. Wanita yang menderita leukemia mengaku mengalami luka atau kulit kasar di area-area tubuhnya yaitu jari-jari, tangan dan kulit memerah di bagian wajah, leher dan dada. Penjelasannya adalah, dari waktu ke waktu, sel leukimia memenuhi sel darah merah dan platelet, merusak kemampuan darah untuk membawa oksigen, dan memicu pembekuan darah.

15. Rasa letih dan lelah
Ketika Anda merasa kelelahan setelah seharian duduk di meja kerja yang menimbulkan rasa lemas dapat menjadi tanda beberapa jenis kanker yang berbeda. Kapanpun Anda merasa sangat lelah tanpa alasan, segera periksakan ke dokter.

16. Penurunan berat badan drastis
 Jika Anda menyadari bahwa berat badan Anda turun drastis tanpa alasan jelas, Anda perlu menyelidiki penyebabnya. Penurunan berat badan adalah tanda awal kanker usus besar dan jenis kanker lainnya yang berhubungan dengan pencernaan. Penurunan berat badan drastis juga dapat menjadi tanda kanker telah menyebar ke hati. Mempengaruhi nafsu makan serta kemampuan tubuh membuang sisa makanan dan racun yang terdapat di dalam tubuh Anda.

17. Pembengkakkan di area wajah
Beberapa pasien yang menderita kanker paru-paru dilaporkan mengalami pembengkakkan atau kemerahan pada wajah. Ini karena sel tumor paru-paru yang kecil umumnya menghalangi pembuluh darah di dada, yang menyebabkan darah tidak mengalir secara sempurna ke kepala dan wajah.

18. Kulit terlalu sensitif dengan luka awet
Banyak orang yang mengetahui bahwa luka atau beberapa kondisi perubahan kulit dapat menjadi tanda kanker kulit. Namun, tanda lainnya seperti luka kecil atau daerah kulit yang kering dan rasa gatal seringkali diremehkan. Kenali beberapa jenis kanker kulit seperti melanoma, basal cell carcinoma, dan squamous cell carcinoma dan pastikan Anda selalu rutin memeriksa perubahan kulit di seluruh tubuh Anda.

19. Perubahan kuku
 Perubahan kuku dapat menjadi tanda-tanda beberapa jenis kanker. Warna kecoklatan atau kehitaman atau bintik-bintik di bawah kuku dapat mengindikasikan kanker kulit. Selain itu, pembesaran atau pelebaran ujung kuku menurut penelitian dapat menjadi indikasi kanker paru-paru. Kuku berwarna putih atau pucat dapat menandakan bahwa hati Anda tidak berfungsi dengan baik dan terkadang mengindikasikan kanker hati.

20. Nyeri punggung atau pinggul kanan
 Ini bisa mengindikasikan tanda awal kanker hati atau ovarian. Pasien yang didiagnosis menderita kanker pankreas seringkali mengalami sakit punggung kronis yang harus diberikan obat penghilang rasa sakit. Kanker payudara juga seringkali didiagnosis melalui nyeri punggung yang terjadi karena tumor di payudara menekan kebelakang atau ketika kanker telah menyebar ke tulang belakang atau rusuk. Sumber  Sumber


Title Post: 20 tanda penyakit kanker menyerang tubuh
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: bagashp
Terimakasih sudah berkunjung di blog BagZT , Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar dibawah

Recommended Posts :

4 komentar:

andhika tatawarna mengatakan...

makasi gan infonya gan. tapi apa ni kusus wanita, apa ada sebagian laki laki

Berita Terbaru mengatakan...

wah info bagus ini sob

Anonim mengatakan...

bisa jadikan ilmu nih

bagashp mengatakan...

andhika tatawarna : kebanyakan untuk cewek mas
Berita Terbaru : makasih kalo info saya berguna
shareall-info : bisa sekali mas

Posting Komentar - Kembali ke Konten

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

follow me

 

Alexa Site Info